Wednesday 22 August 2012

Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari, setelah nulis artikel tentang jalak suren, nga ada salahnya jika kini ane nulis tentang Cara Ternak Kenari,  burung kenari memang salah satu idola para kicaumania di indonesia, burung kenari banyak disukai karena kenari memiliki suara yang indah dan tembakan tembakan yang khas yang bagus untuk master burung murai, dan disini akan di bahas mengenai cara ternak burung kenari,cara ternak kenari sebenarnya dalam teori tidak terlalu rumuit akan tetapi prakteknya yang agak rumit heheh,  nah sebelum ternak kenari kita harus mengetahu jenis kelamin burung kenari nah ga banyak omong lagi monggo disimak Cara Ternak Kenari:

 tahap pertama  Cara Ternak Kenari pembuatan kandang
nah dalam kandang kenari untuk ternak yang wajib ada di dalamnya adalah sarang, tempat pakan dan minum dan tangkringan dan untuk ukuran kandangnyaKandang dengan dimensi P x L x T = 80 x 40 x 40 (setiap kotak)nah untuk memper jelas lihat gambar bawah ini


tahap kedua cara ternak kenari membedakan  kenari jantan atau betina:
membedakan  kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.
Adapun cirinya yaitu :
1.   Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas sudah mulai belajar bunyi / ngriwik.
2.   Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat.
3.  Anus jantan bila dilihat ( dengan cara ditiup agar bulu disekitar tidak menghalangi) menonjol tegak lurus /vertikal, jika betina sebaliknya / horisontal.
4.  Jantan dewasa berbunyi nyaring dan nge roll.
 nah sekian dulu untuk Cara Ternak Kenari karena saya sudah mengantukbesuk saya sambung lagi heheh

No comments:

Post a Comment